Kehidupan Buruh Pabrik di Tangerang

Kehidupan Buruh Pabrik di Tangerang

Menjadi seorang  buruh pabrik adalah suatu pilihan profesi kerja yang harus dijalani,mengingat profesi ini memang dibutuhkan oleh dunia usaha.

Tangerang menjadi salah satu kota industri yang berdekatan dengan ibukota jakarta yang menjadi tujuan orang banyak dalam mendapatkan pekerjaan,salah satunya menjadi buruh pabrik.Terdapat banyak sekali pabrik atau perusahaan baik dalam skala besar maupun skala kecil dan beragam industri dan jasa yang ditawarkan oleh kota yang berada di provinsi Banten ini.

Adapun saya sendiri bukan buruh pabrik,namun mengetahui bagaimana kehidupan buruh pabrik meskipun hanya sekilas saja dan tidak mendalam.

Oleh karena itu rasanya saya ingin menuliskan beberapa keadaan mengenai buruh pabrik di Tangerang,supaya mampu memberikan gambaran bagi yang ingin mengetahuinya,meskipun tulisan ini tidak sepenuhnya valid dengan keadaan yang sebenarnya.

Satu lagi,yang dikategorikan buruh pabrik dalam tulisan ini adalah yang berkaitan dengan para pekerja kasar dan berhubungan dengan proses produksi.Langsung saja berikut pemaparannya :

1.Jalur masuk kerja.
Jalur masuk kerja adalah jalur pertama yang harus dilewati jika ingin bekerja dipabrik,adapun beberapa jalurnya adalah sebagai berikut:

a.Mereka dibawa oleh orang yang dikenal.
Biasanya ada keluarga atau yang mereka kenal yang sudah bekerja dipabrik bisa membawa atau memasukan kerja.

  b.Lewat Lowongan Kerja.
Lowongan saat ini tidak hanya dimedia cetak saja,di internet biasanya sudah ada informasinya,baik di jobsite ataupun di media social.

Namun selain itu,lewat gerbang-gerbang Pabrik biasanya ditempel oleh beberapa pabrik yang membuka lowongan pekerjaan.

  c.Lewat yayasan.
Jalan ini memang mudah,namun perlu diingat,ada beberapa yayasan yang memasang tarif masuk,jadi bersiaplah membawa uang yang lumayan jika ingin lewat jalur ini.

Selain itu perbulan gaji anda akan dipotong beberapa persen dari keringat kerja anda.

d.Lewat Calo.
Terkadang ini sangat beresiko namun ada juga yang berhasil,namun tetaplah berhati-hati karena pada intinya anda ingin mencari kerja untuk mendapatkan uang,bukan memberi uang.

 2.Outsourching atau pegawai kontrak.
Outsourching atau pegawai kontrak menjadi salah satu masalah yang terus di suarakan oleh para buruh.Namun apa daya regulasinya belum jelas.Biasanya mereka dikontrak beberapa bulan hingga 1 tahun.

   3.Shift Kerja
Kerja malam,kerja siang,itulah beberapa bagian shift yang biasanya terjadi pada dunia kerja para buruh,jadi siap-siap saja anda tidur siang dan bekerja malam begitupun sebaliknya.

  4.Hari libur masuk
Beberapa pabrik menerapkan hari libur sebagai hari masuk karena beberapa faktor diantaranya urgentnya pasokan pemesanan client,biasanya para buruh diwajibkan masuk.

 5.SP (Surat Peringatan).
Jika kita melanggar sampai SP3 biasanya langsung dikeluarkan,SP sendiri sebagai peringatan jika kita melanggar SOP perusahaan,seperti tidak masuk beberapa hari tanpa alasan jelas.

6.Persaingan kerja.
Dimana-mana yang namanya orang tidak suka selalu ada,begitupun didunia kerja.Biasanya para senior bahkan atasan memandang kita berbeda  dan berpotensi menyainginya meskipun tidak semuanya seperti itu.

7.Tempat Tinggal
Untuk tempat tinggal berbeda-beda tergantung fasilitas dan kemauan para pekerja,berikut yang biasanya mereka pilih :

a.Dekat dengan pabrik.
Jika pabrik berada didaerah perkampungan,biasanya banyak tempat kost murah,namun fasilitas dan lingkungan terbatas.Ingat ada rupa ada barang.

b.Bergerombolan.
Biasanya berisi lebih dari 2 orang,umumnya para pekerja laki-laki.Hal ini dipilih karena selain menghemat pengeluaran tentunya bisa menjalin solidaritas yang menjalani nasib yang sama sebagai Buruh pabrik.

c.Mess pabrik.
Beberapa pabrik menyediakan mess yang biasanya perkamar diisi oleh lebih dari satu orang.

 d.Bersama kenalan.
Biasanya saudara atau teman yang dikenal bisa menjadi pilihan sementara bagi para pekerja sebelum mengenai wilayah sekitar.

e.Menyendiri.
Pilihan ini juga banyak dipilih,selain melatih kemandirian juga bisa memaknai apa arti jauh dari orang yang kita kenal.

8.Pergaulan diluar kerja.
Pergaulan menjadi salah satu hal yang menentukan arah kita,biasanya ada yang negatif dan positif. Adapun dampaknya yang signifikan biasanya akan terlihat dari beberapa tahun kemudian.

9.Cara makan.
Yang satu ini yang unik,terkadang setiap pekerja mempunyai opsi tertentu dalam mengganjal perutnya,diantaranya :

a.        Rumah makan.
Biasanya nasi padang dan warteg yang menjadi favorit,harganya lumayan sekitar 10.000 an sekali makan tergantung isinya.
b.      Disediakan Perusahaan.
Mungkin jarang perusahaan yang menyediakan,tapi mungkin saja ada,mengingat kalau bagian kantor biasanya sudah disediakan.
c.     Menghutang Sementara.
Bon dulu ya bu nanti jatuh tempo gajian.Biasanya beberapa warung makan atau kantin menyediakan opsi ini dan yang saya tahu mereka tidak memberikan Bunga terhadap hutangnya.
d.      Mandiri.
Masak sendiri salah satu cara hemat dan juga bisa dikatakan sehat.Biasanya para pekerja perempuan yang melakukannya,meskipun ada juga pekerja laki-laki yang melakukan hal yang sama.

10.Saat Gajian.
Gajian adalah hal yang sangat ditunggu-tunggu biasanya muncul ditanggal muda.Gajian sendiri biasanya digunakan oleh para pekerja untuk :

a. Disimpan sendiri.
Opsi ini menjadi pilihan yang cukup banyak dipilih dan dijadikan pegangan oleh para pekerja supaya nantinya bisa bermanfaat untuk kehidupannya.

b.Membeli barang kesukaan.
Membeli handphone,fashion dan lainnya biasanya lumrah terjadi,biasanya orang yang berperilaku konsumtif yang melakukan semua ini.

c.Dikirim orangtua.
Opsi paling mulia menurut saya karena barangkali orang tua kita membutuhkannya. Biasanya dikirim lewat POS atau transfer.

11.Tunjangan Perusahaan.
Hampir semua pekerja saat ini mendapatkan tunjangan jika mereka adalah pegawai tetap,seperti Jamsostek dan BPJS ketenagakerjaan salah satunya.

12.Saat Lebaran Idul Fitri.
Biasanya ada yang namanya THR dari pabrik.THR sendiri biasanya berupa makanan (kue kaleng) dan Uang Tunai tergantung dari kebijakan tempat mereka bekerja.
Selain itu,masa libur yang cukup panjang bisa menghilangkan penat menghadapi dunia kerja.

13.Jodoh.
Ada beberapa pasangan suami istri yang bertemu dipabrik,karena yang namanya cinta akan datang jika memang dia ditakdirkan sebagai jodohmu.

Demikian Informasi Mengenai Kehidupan Buruh Pabrik di Tangerang yang saya tuliskan berdasarkan apa yang saya ketahui,mungkin juga yang saya tulis kurang lengkap.

Satu lagi,mengenai isi tulisannya bisa saja tidak sesuai dengan keadaan sekarang.


Terimakasih,semoga bermanfaat dan jangan lupa Share!
Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon