Tips Mencari Lowongan Kerja Lewat Internet atau Situs Lowongan Kerja

Tips mencari lowongan kerja lewat Internet

Apakah anda saat ini sedang mencari informasi lowongan kerja di Internet atau situs lowongan kerja? Berhati-hatilah karena banyak sekali terjadi penipuan yang memainkannya,baik itu oknum perusahaan itu sendiri atau oknum luar yang ingin memanfaatkan situasi.

Oleh karena itu,anda patut membaca tips agar terhindar dari penipuan yang saat ini marak terjadi di dunia internet maupun situs lowongan kerja.

Karena dari segi waktu dan material anda akan merasakan kerugian jika sudah terperangkap oleh perangkap para penipu tersebut.

Selain masalah penipuan diatas,tentunya masalah mengapa anda tidak dipanggil-panggil oleh HRD yang tentu saja hanya memberikan harapan palsu untuk menunggu dan menunggu panggilan interview.

Langsung saja,berikut Tips Mencari Lowongan Kerja Lewat Internet atau Situs Lowongan Kerja.

1. Lihat situs.
Lihatlah apakah situs tersebut terpercaya atau tidak?cara mencarinya cukup mudah,yaitu dengan cara search di searchengine ketikan nama situs dan disertai kata penipuan,misal situs satu dua tiga adalah penipuan.Nah,disana nanti akan ada daftar list dari beberapa testimoni yang pernah mengalami penipuan,silahkan anda baca dan pikir dua kali jika ingin melamar disitus tersebut.

2.Hubungi perusahaan yang bersangkutan.
Jika anda masih ragu,silahkan langsung hubungi perusahaan yang bersangkutan dan saya menyarankan agar anda menghubungi secara langsung lewat telepon mengapa?karena lewat telepon akan lebih memudahkan anda dalam bertanya secara cepat,mengingat telepon adalah salah satu sarana yang fast respond dalam berkomunikasi.

Atau jika memang tidak bisa dihubungi,silahkan hubungi lewat email HRD asli,karena dengan menghubungi HRD asli bisa memudahkan anda untuk bertanya tentang lowongan kerja,karena memang salah satu tugas HRD mengurusi masalah lowongan kerja.

3.Lihat email perekrut.
Biasanya email perekrut berekstensi corporate,apa itu ekstensi corporate?ekstensi corporate adalah ekstensi yang menggambarkan nama dari perusahaan itu sendiri dan bukan menggunakan email yang gratisan di internet.

Masalah email ini cukup banyak memakan korban,dimana mereka mengirimkan kepada emailnya kepada seseorang yang ingin memanfaatkan situasi untuk menjalankan tujuan tertentu.

4.Hati-hati jika ada UUD.
Jika anda mendapatkan balasan yang panjang,namun intinya harus bayar dengan nominal tertentu,meskipun itu hanya puluhan ribu rupiah anda patut curiga,silahkan lebih lengkapnya saya sudah posting sebelumnya di sini.

5.Jangan sembarangan kirim data pribadi yang tidak masuk akal.
Hati-hatilah jika anda disuruh mengirimkan foto-foto pribadi,atau data penting seperti nomer rekening,scan surat berharga anda patut curiga dan kalau bisa tanyakan secara langsung apa tujuannya.

Memang untuk kasus ini jarang ditemukan namun anda tetap patut berhati-hati karena bisa saja anda mengalami hal yang sama dikemudian hari.
Ingat biasanya perusahaan pada umumnya tidak akan menyelidiki lebih dalam dan pribadi tentang anda,apalagi anda baru saja diseleksi dan belum tentu diterima kerja.

6.Baca dengan teliti posisi kerja dan persyaratannya.
Ini poin yang sangat penting mengapa?karena HRD biasanya tidak akan menerima pelamar yang tidak memenuhi kualifikasi dengan persyaratan yang telah ditentukan,anda bisa membaca Cara HRD Menilai Pelamar Pekerjaan disini.

7.Lihat batas pengiriman dan kuota yang disediakan.
Nah ini biasanya yang sangat menyebalkan,dimana anda harus menunggu namun tetap saja tidak dipanggil.Yaiyalah orang lowongan kerjanya sudah Expired atau sudah kadaluarsa,selain itu kuota yang disediakan biasanya menentukan tingkat persaingan apalagi jika anda harus bersaing dengan calon pekerja yang berpendidikan lebih tinggi daripada anda.

8.Menulis CV yang baik dan benar.
CV bisa menentukan apakah anda memang layak masuk ke perusahaan tersebut atau tidak? Silahkan untuk mengetahui cara menulis cv yang baik dan benar via email  anda bisa bacadisini.

9.Mengirim lamaran kerja sebanyak-banyaknya.
Kirimlah lamaran kebeberapa situs yang menurut anda terpercaya dan bisa menjadi jembatan untuk mendapatkan pekerjaan.
Saya menyarankan agar anda mengirimkan ke lebih 10 situs karena semakin banyak anda mengirim semakin banyak juga peluang yang akan anda dapatkan dalam usaha anda melamar pekerjaan.

10.Berdoa dan meminta kepada Sang Maha Kuasa.
Berdoalah,supaya apa yang anda usahakan bisa berhasil dan tidak akan mengalami kekecewaan karena bagaimanapun hasil dibarengi oleh takdir,dan takdir dibarengi oleh doa.


Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan jangan lupa di share!
Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon