Cara membuat CV yang baik dan benar

Cara membuat CV yang baik dan benar

CV atau Daftar Riwayat Hidup merupakan salah satu persyaratan yang sangat penting dalam lampiran surat lamaran pekerjaan,bahkan beberapa perusahaan menilai bahwa CV mampu menjelaskan secara umum siapa dan bagaimana pelamar pekerjaan tersebut.

Sebenarnya banyak sekali tips dan trik dalam membuat CV,namun ada baiknya anda memilih mana saja kriteria CV yang sesuai dengan harapan beberapa perusahaan yang anda inginkan.

Langsung saja,berikut tips membuat CV yang baik dan benar :

1. Usahakan diketik di Komputer.
Sebenarnya opsi ini adalah tergantung perusahaan yang anda lamar,jika anda hanya melamar ke pabrik sebagai karyawan buruh pabrik,tulisan tangan sepertinya mungkin tidak bermasalah,namun apabila anda melamar pekerjaan di perusahaan besar?

Saya menyarankan agar membuat CV dengan komputer,mengapa? Karena komputer bisa membuatnya lebih rapi dan teratur bagian-bagian CV,juga bisa menandakan bahwa anda bisa mengoperasikan komputer,paling tidak aplikasi perkantoran.

Selain itu,saya menyarankan anda jangan mengambil format yang sudah jadi di Internet,mengapa? Karena di Internet biasanya formatnya terlalu pasaran dan standard,selain itu dengan mengetik dan mendesign sendiri bisa melatih anda dalam mengetik CV.

2. Data Lengkap yang sesuai dan jelas.
Data lengkap adalah item yang penting yang harus ada di CV karena data tersebut bisa menjelaskan semua tentang anda,baik dari segi identitas,pendidikan,maupun dunia kerja.

Berikut data yang biasanya dilampirkan di CV :
a.Data  Pribadi.
Data pribadi terdiri dari nama lengkap,tempat tanggal lahir,pendidikan terakhir,alamat sekarang,agama,kebangsaan.

b.Data Pendidikan.
Data pendidikan formal dari mulai SD sampai pendidikan terakhir,dituliskan kapan tahun dimulai sampai tahun kelulusan.Contoh SDN 01 Pagi Jakarta barat 1990-1996.
Selain itu,pendidikan nonformal seperti kursus atau pelatihan lainnya bisa anda sertakan jika memang perlu.

c.Prestasi.
Tulislah semua prestasi yang pernah anda torehkan,baik di level formal,maupun itu nonformal,selama prestasi tersebut memang perlu disebutkan.

d.Pengalaman Berorganisasi.
Berpengalaman dalam berorganisasi bisa menambah nilai plus terhadap anda karena bisa menilai aktifnya ketika kita berorganisasi.Jangan pernah menuliskan pengalaman anda di organisasi yang terlarang dan kurang penting.

Pastikan anda jujur dalam menuliskannya dan jangan berbohong,karena bisa saja pengalaman anda akan dipertanyakan oleh HRD saat interview.

e.Pengalaman Kerja.
Tuliskan semua pengalaman kerja yang pernah anda alami.Saya menyarankan agar semua pengalaman kerja anda dituliskan selama pekerjaan tersebut tidak melanggar norma,agama,dan hukum yang berlaku.

f.Keahlian yang dimiliki.
Tuliskan beberapa keahlian yang bisa “menjual”diri anda,semisal anda bisa berbahasa Inggris,komputer,dan lainnya. Jangan pernah berbohong juga karena namanya keahlian mungkin akan menjadi poin penting yang akan ditanyakan.

g.Tidak terlalu banyak lampiran.
Jangan pernah melampirkan terlalu banyak tulisan,usahakan panjang namun tidak berlebihan dan yang pastinya sesuai dengan diri anda dan ada hubungannya.
Bahasa yang digunakan harus sesuai.

Jika anda melamar keperusahaan Multinasional usahakan menggunakan bahasa inggris,namun apabila di perusahaan Indonesia,bahasa Indonesia sepertinya tidak dipermasalahkan,yang pasti buatlah sesuai kemampuan anda,jika anda tidak bisa berbahasa inggris maka saya sarankan jangan dipaksakan,mengingat biasanya CV digunakan ketika proses wawancara (interview) berlangsung.

Untuk penggunaan bahasa indonesia,hindari kata-kata tidak baku,seperti “nggak” seharusnya “tidak”,selain itu hindari juga kata-kata singkatan seperti kata “yang” menjadi “yg” dan lainnya.

3.Jangan memfotocopy CV.
Sebenarnya tips ini mungkin berlaku atau tidak tergantung perusahaannya,namun jika dilihat dari segi profesionalitas CV yang di fotocopy apalagi terlihat jelas difotocopy akan menimbulkan penilaian yang berbeda. Saya sarankan agar di print secara langsung dengan jelas,supaya menambah keyakinan HRD dalam keseriusan anda melamar kerja.

4.Memasang foto yang terbaru dan sopan.
Pasanglah foto yang sopan dengan ekspresi tegas namun tidak seperti marah atau ekspresi berambigu negatif lainnya. Baju yang digunakan adalah baju formal kameja atau jas dengan rambut disisir rapi (bagi pria).

5.Desain yang sesuai dengan perusahaan.
Pasti anda bertanya apa maksudnya dengan desain CV? Yang dimaksud desain CV disini usahakan gunakan your creative dimana jika anda melamar sebagai seorang desainer visual sebaiknya desain CV usakan sekreatif mungkin yang bisa menunjang penampilan CV anda dimata HRD.

6.CV tetap rapi sampai tujuan.
Setelah semua tips diatas selesai,usahakan CV benar-benar anda jaga rapi,apalagi jika anda Door to Door perusahaan,atau mengikuti Jobfair Swasta.

Jangan membuat CV anda menjadi kucel dan kumel,apalagi robek,karena CV juga mungkin menjadi penilaian beberapa perusahaan dalam mendeskripsikan siapa diri anda setidaknya untuk pertamakalinya (first impression).

Inti dari tips diatas yang saya bagikan adalah buatlah CV dengan sebaik-baiknya seperti yang saya sebutkan diatas.

Perlu diingat,mungkin tips diatas bisa berlaku atau tidak tergantung bagaimana perusahaan yang anda lamar.


Demikian artikel Cara Membuat CV yang Baik dan Benar Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda yang saat ini membutuhkan tips membuat CV yang baik dan benar.
Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon