CV atau Daftar Riwayat Hidup merupakan salah satu
persyaratan yang sangat penting dalam lampiran surat lamaran pekerjaan,bahkan
beberapa perusahaan menilai bahwa CV mampu menjelaskan secara umum siapa dan
bagaimana pelamar pekerjaan tersebut.
Sebenarnya banyak sekali tips dan trik dalam membuat
CV,namun ada baiknya anda memilih mana saja kriteria CV yang sesuai dengan
harapan beberapa perusahaan yang anda inginkan.
Langsung saja,berikut tips membuat CV yang baik dan benar
:
1. Usahakan diketik di Komputer.
Sebenarnya opsi ini adalah tergantung perusahaan yang
anda lamar,jika anda hanya melamar ke pabrik sebagai karyawan buruh
pabrik,tulisan tangan sepertinya mungkin tidak bermasalah,namun apabila anda
melamar pekerjaan di perusahaan besar?
Saya menyarankan agar membuat CV dengan
komputer,mengapa? Karena komputer bisa membuatnya lebih rapi dan teratur
bagian-bagian CV,juga bisa menandakan bahwa anda bisa mengoperasikan
komputer,paling tidak aplikasi perkantoran.
Selain itu,saya menyarankan anda jangan mengambil
format yang sudah jadi di Internet,mengapa? Karena di Internet biasanya
formatnya terlalu pasaran dan standard,selain itu dengan mengetik dan mendesign
sendiri bisa melatih anda dalam mengetik CV.
2. Data Lengkap yang sesuai dan jelas.
Data lengkap adalah item yang penting yang harus ada
di CV karena data tersebut bisa menjelaskan semua tentang anda,baik dari segi
identitas,pendidikan,maupun dunia kerja.
Berikut data yang biasanya dilampirkan di CV :
a.Data
Pribadi.
Data pribadi terdiri dari nama lengkap,tempat tanggal
lahir,pendidikan terakhir,alamat sekarang,agama,kebangsaan.
b.Data Pendidikan.
Data pendidikan formal dari mulai SD sampai
pendidikan terakhir,dituliskan kapan tahun dimulai sampai tahun
kelulusan.Contoh SDN 01 Pagi Jakarta barat 1990-1996.
Selain itu,pendidikan nonformal seperti kursus atau
pelatihan lainnya bisa anda sertakan jika memang perlu.
c.Prestasi.
Tulislah semua prestasi yang pernah anda
torehkan,baik di level formal,maupun itu nonformal,selama prestasi tersebut
memang perlu disebutkan.
d.Pengalaman Berorganisasi.
Berpengalaman dalam berorganisasi bisa menambah nilai
plus terhadap anda karena bisa menilai aktifnya ketika kita
berorganisasi.Jangan pernah menuliskan pengalaman anda di organisasi yang
terlarang dan kurang penting.
Pastikan anda jujur dalam menuliskannya dan jangan
berbohong,karena bisa saja pengalaman anda akan dipertanyakan oleh HRD saat
interview.
e.Pengalaman Kerja.
Tuliskan semua pengalaman kerja yang pernah anda
alami.Saya menyarankan agar semua pengalaman kerja anda dituliskan selama
pekerjaan tersebut tidak melanggar norma,agama,dan hukum yang berlaku.
f.Keahlian yang dimiliki.
Tuliskan beberapa keahlian yang bisa “menjual”diri
anda,semisal anda bisa berbahasa Inggris,komputer,dan lainnya. Jangan pernah
berbohong juga karena namanya keahlian mungkin akan menjadi poin penting yang
akan ditanyakan.
g.Tidak terlalu banyak lampiran.
Jangan pernah melampirkan terlalu banyak
tulisan,usahakan panjang namun tidak berlebihan dan yang pastinya sesuai dengan
diri anda dan ada hubungannya.
Bahasa yang digunakan harus sesuai.
Jika anda melamar keperusahaan Multinasional usahakan
menggunakan bahasa inggris,namun apabila di perusahaan Indonesia,bahasa
Indonesia sepertinya tidak dipermasalahkan,yang pasti buatlah sesuai kemampuan
anda,jika anda tidak bisa berbahasa inggris maka saya sarankan jangan
dipaksakan,mengingat biasanya CV digunakan ketika proses wawancara (interview)
berlangsung.
Untuk penggunaan bahasa indonesia,hindari kata-kata
tidak baku,seperti “nggak” seharusnya “tidak”,selain itu hindari juga kata-kata
singkatan seperti kata “yang” menjadi “yg” dan lainnya.
3.Jangan memfotocopy CV.
Sebenarnya tips ini mungkin berlaku atau tidak
tergantung perusahaannya,namun jika dilihat dari segi profesionalitas CV yang
di fotocopy apalagi terlihat jelas difotocopy akan menimbulkan penilaian yang
berbeda. Saya sarankan agar di print secara langsung dengan jelas,supaya
menambah keyakinan HRD dalam keseriusan anda melamar kerja.
4.Memasang foto yang terbaru dan sopan.
Pasanglah foto yang sopan dengan ekspresi tegas namun
tidak seperti marah atau ekspresi berambigu negatif lainnya. Baju yang
digunakan adalah baju formal kameja atau jas dengan rambut disisir rapi (bagi
pria).
5.Desain yang sesuai dengan perusahaan.
Pasti anda bertanya apa maksudnya dengan desain CV?
Yang dimaksud desain CV disini usahakan gunakan your creative dimana jika anda
melamar sebagai seorang desainer visual sebaiknya desain CV usakan sekreatif
mungkin yang bisa menunjang penampilan CV anda dimata HRD.
6.CV tetap rapi sampai tujuan.
Setelah semua tips diatas selesai,usahakan CV
benar-benar anda jaga rapi,apalagi jika anda Door to Door perusahaan,atau
mengikuti Jobfair Swasta.
Jangan membuat CV anda menjadi kucel dan
kumel,apalagi robek,karena CV juga mungkin menjadi penilaian beberapa
perusahaan dalam mendeskripsikan siapa diri anda setidaknya untuk
pertamakalinya (first impression).
Inti dari tips diatas yang saya bagikan adalah
buatlah CV dengan sebaik-baiknya seperti yang saya sebutkan diatas.
Perlu diingat,mungkin tips diatas bisa berlaku atau
tidak tergantung bagaimana perusahaan yang anda lamar.
Demikian artikel Cara Membuat CV yang Baik dan Benar
Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi anda yang saat ini membutuhkan tips
membuat CV yang baik dan benar.