Wawancara kerja atau
dikenal Interview kerja adalah salah satu metode penting yang diterapkan
perusahaan dalam menilai dan memberikan penilaian terhadap calon pekerja apakah
sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan atau tidak.
Banyak cerita tentang
orang-orang yang belum sukses melewati tahap ini,padahal biasanya tahap
wawancara adalah tahap terakhir supaya diterima menjadi karyawan suatu
perusahaan.
Dari itu,anda perlu
mengetahui tips wawancara kerja sukses,karena dengan mengetahui tipsnya mungkin
bisa membantu dan mempersiapkan anda dalam menghadapi “langkah terakhir” dalam
menembus masuk dunia kerja ini.
Berikut beberapa tips wawancara
kerja sukses dan berhasil :
1.Berpakaian rapi dan
sopan.
Pakailah pakaian yang
rapi dan sopan,dari ujung kepala sampai ujung kaki usahakan rapi dan
sopan.Jangan memakai baju yang ketat dan berlebihan terbuka karena mungkin bisa
menimbulkan stigma negatif terhadap anda.
Jangan pula memakai
parfum yang bau berlebihan yang bisa membuat penanya menjadi kurang nyaman.
2.Berdoa.
Doa bisa membantu mental anda dalam menghadapi interview kerja,karena doa dapat menyambungkan diri anda dengan yang maha Kuasa.
3.Jangan gugup dan harus
percaya diri.
Masalah ini menjadi
salah satu masalah utama yang sering dialami para calon pekerja ketika
menghadapi proses interview kerja,karena perasaan gugup biasanya selalu mendera
dan menguasai individu yang tidak terbiasa berbicara di depan orang banyak.
Tipsnya adalah tarik
nafas( jangan pas diruangan interview)lalu selanjutnya adalah berdoa kepada
Tuhan Yang Maha Kuasa,supaya diberi kemudahan dalam proses interview berlangsung.
4.Kuasai Materi sesuai
dengan CV yang telah dibuat.
Pastikan seluruh
informasi yang anda sampaikan di CV benar-benar anda kuasai,karena biasanya
beberapa HRD menanyakan sesuai dengan CV yang anda buat,anda bisa membaca
bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar disini.
Jawab jujur dan berikan
jawaban terbaik ,Jangan pernah jawab
ngasal dan tidak jujur mengenai diri anda,sebagai contoh mengenai pengalaman
kerja,anda jawab pernah bekerja di PT.OKEOKEAjaMasuk padahal anda hanya
freshgradituade,belum pernah menjamah dunia kerja sekecil pun.
Mengenai jawaban terbaik
adalah jawaban jujur yang tidak merendahkan kekurangan kita,semisal HRD
menanyakan apa kelemahan anda?anda bisa menjawab saya kurang teliti,saya kurang
bisa percaya diri,dsb (yang sesuai dengan anda).
Anda jangan menjawab hal yang benar-benar
menunjukan kekurangan anda dalam dunia kerja semisal saya tipe orang yang boros
dan tidak bisa menyimpan uang,saya gila belanja online dsb.
Pada intinya,jawab jujur
dan pilihlah jawaban yang terbaik diantara yang terbaik.
5.Sebutkan kelebihan anda
dengan jujur dan sesuai dengan dunia kerja.
Lagi-lagi kejujuran
adalah hal yang utama,usahakan sebutkan kelebihan anda sebanyak-banyaknya jika
HRD menanyakan kelebihan yang anda miliki apa?
Saran saya juga,jangan
menyebutkan sesuatu kelebihan yang tidak ada hubungannya,seperti anda melamar
kerja sebagai Programmer IT namun anda menyebutkan keahlian seperti saya bisa
sulap,saya bisa menaiki gunung dalam waktu 12 Jam,saya bisa membuat setiap
wanita jatuh cinta.
Anda bisa membayangkan
apa yang akan terjadi jika anda mengatakan hal-hal tersebut saat Interview
kerja berlangsung.
6.Menghadapi Pertanyaan
Siap di Gaji berapa?
Saya menyarankan agar
anda jangan meminta berlebihan dalam gaji,saya menyarankan lebih baik jangan
menyebutkan,tetapi anda menjawab “sesuai dengan posisi dan SOP Perusahaan”
karena menurut saya jawaban ini lebih baik dan bijak,apalagi jika anda adalah
mantan pengangguran atau freshgradituade yang tidak mempunyai pengalaman dengan
dunia kerja.
Mengingat banyak orang yang belum mendapatkan rezeki mendapatkan
pekerjaan,anda bisa membaca salah satu kisahnya disini.
7.Jangan Menjelekan Mantan
Perusahaan anda bekerja.
Biasanya jika anda
sebelumnya pernah bekerja diperusahaan lain,mereka akan menanyakan alasan anda
pindah,maka saya sarankan jangan menjelekan perusahaan sebelumnya,mengapa? Supaya
tidak menujukan bahwa anda tipe orang yang suka membuka keburukan.
Contoh
jawaban anda mengenai alasan berhenti dari perusahaan sebelumnya karena Gaji
kecil dan tidak sesuai dengan banyaknya butiran-butiran keringat yang saya
keluarkan.
8.Jika mengajukan
pertanyaan tidak berbobot.
Ada beberapa HRD yang
biasanya diakhir sesi wawancara kerja menanyakan apakah anda mempunyai
pertanyaan? Tanyakanlah mengenai Jobdesk,pengumuman hasil wawancara,Peraturan
perusahaan,dsb.
Jangan menanyakan masalah pribadi,semisal apakah bapak (HRD)
sudah berkeluarga? Nanti malam ada acara gak?dan pertanyaan tidak berbobot
lainnya.
9.Akhiri dengan salam
penutup yang sopan dan santun.
Ucapkan terimakasih dan
salam penutup yang sopan dan santun,supaya memberikan kesan anda menghormati
HRD.Usahakan senatural
mungkin anda melakukannya.
Demikian tips wawancarakerja sukses dan berhasil,semoga bermanfaat meskipun mungkin tips diatas masih
kurang,namun setidaknya bisa membantu anda dalam mempersiapkan bekal perjalanan
menuju lintasan dunia kerja.