Tips Wawancara Kerja Sukses dan Berhasil

Tips wawancara kerja sukses dan berhasil

Wawancara kerja atau dikenal Interview kerja adalah salah satu metode penting yang diterapkan perusahaan dalam menilai dan memberikan penilaian terhadap calon pekerja apakah sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan atau tidak.

Banyak cerita tentang orang-orang yang belum sukses melewati tahap ini,padahal biasanya tahap wawancara adalah tahap terakhir supaya diterima menjadi karyawan suatu perusahaan.

Dari itu,anda perlu mengetahui tips wawancara kerja sukses,karena dengan mengetahui tipsnya mungkin bisa membantu dan mempersiapkan anda dalam menghadapi “langkah terakhir” dalam menembus masuk dunia kerja ini.

Berikut beberapa tips wawancara kerja sukses dan berhasil :

1.Berpakaian rapi dan sopan.
Pakailah pakaian yang rapi dan sopan,dari ujung kepala sampai ujung kaki usahakan rapi dan sopan.Jangan memakai baju yang ketat dan berlebihan terbuka karena mungkin bisa menimbulkan stigma negatif terhadap anda.

Jangan pula memakai parfum yang bau berlebihan yang bisa membuat penanya menjadi kurang nyaman.

2.Berdoa.
Doa bisa membantu mental anda dalam menghadapi interview kerja,karena doa dapat menyambungkan diri anda dengan yang maha Kuasa.

3.Jangan gugup dan harus percaya diri.
Masalah ini menjadi salah satu masalah utama yang sering dialami para calon pekerja ketika menghadapi proses interview kerja,karena perasaan gugup biasanya selalu mendera dan menguasai individu yang tidak terbiasa berbicara di depan orang banyak.

Tipsnya adalah tarik nafas( jangan pas diruangan interview)lalu selanjutnya adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa,supaya diberi kemudahan dalam proses interview berlangsung.

4.Kuasai Materi sesuai dengan CV yang telah dibuat.
Pastikan seluruh informasi yang anda sampaikan di CV benar-benar anda kuasai,karena biasanya beberapa HRD menanyakan sesuai dengan CV yang anda buat,anda bisa membaca bagaimana cara membuat CV yang baik dan benar disini.

Jawab jujur dan berikan jawaban terbaik ,Jangan pernah jawab ngasal dan tidak jujur mengenai diri anda,sebagai contoh mengenai pengalaman kerja,anda jawab pernah bekerja di PT.OKEOKEAjaMasuk padahal anda hanya freshgradituade,belum pernah menjamah dunia kerja sekecil pun.

Mengenai jawaban terbaik adalah jawaban jujur yang tidak merendahkan kekurangan kita,semisal HRD menanyakan apa kelemahan anda?anda bisa menjawab saya kurang teliti,saya kurang bisa percaya diri,dsb (yang sesuai dengan anda).

Anda jangan menjawab hal yang benar-benar menunjukan kekurangan anda dalam dunia kerja semisal saya tipe orang yang boros dan tidak bisa menyimpan uang,saya gila belanja online dsb.

Pada intinya,jawab jujur dan pilihlah jawaban yang terbaik diantara yang terbaik.

5.Sebutkan kelebihan anda dengan jujur dan sesuai dengan dunia kerja.
Lagi-lagi kejujuran adalah hal yang utama,usahakan sebutkan kelebihan anda sebanyak-banyaknya jika HRD menanyakan kelebihan yang anda miliki apa?

Saran saya juga,jangan menyebutkan sesuatu kelebihan yang tidak ada hubungannya,seperti anda melamar kerja sebagai Programmer IT namun anda menyebutkan keahlian seperti saya bisa sulap,saya bisa menaiki gunung dalam waktu 12 Jam,saya bisa membuat setiap wanita jatuh cinta.

Anda bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika anda mengatakan hal-hal tersebut saat Interview kerja berlangsung.

6.Menghadapi Pertanyaan Siap di Gaji berapa?
Saya menyarankan agar anda jangan meminta berlebihan dalam gaji,saya menyarankan lebih baik jangan menyebutkan,tetapi anda menjawab “sesuai dengan posisi dan SOP Perusahaan” karena menurut saya jawaban ini lebih baik dan bijak,apalagi jika anda adalah mantan pengangguran atau freshgradituade yang tidak mempunyai pengalaman dengan dunia kerja.

Mengingat banyak orang yang belum mendapatkan rezeki mendapatkan pekerjaan,anda bisa membaca salah satu kisahnya disini.

7.Jangan Menjelekan Mantan Perusahaan anda bekerja.
Biasanya jika anda sebelumnya pernah bekerja diperusahaan lain,mereka akan menanyakan alasan anda pindah,maka saya sarankan jangan menjelekan perusahaan sebelumnya,mengapa? Supaya tidak menujukan bahwa anda tipe orang yang suka membuka keburukan.

Contoh jawaban anda mengenai alasan berhenti dari perusahaan sebelumnya karena Gaji kecil dan tidak sesuai dengan banyaknya butiran-butiran keringat yang saya keluarkan.

8.Jika mengajukan pertanyaan tidak berbobot.
Ada beberapa HRD yang biasanya diakhir sesi wawancara kerja menanyakan apakah anda mempunyai pertanyaan? Tanyakanlah mengenai Jobdesk,pengumuman hasil wawancara,Peraturan perusahaan,dsb. 

Jangan menanyakan masalah pribadi,semisal apakah bapak (HRD) sudah berkeluarga? Nanti malam ada acara gak?dan pertanyaan tidak berbobot lainnya.

9.Akhiri dengan salam penutup yang sopan dan santun.
Ucapkan terimakasih dan salam penutup yang sopan dan santun,supaya memberikan kesan anda menghormati HRD.Usahakan senatural mungkin anda melakukannya.

Demikian tips wawancarakerja sukses dan berhasil,semoga bermanfaat meskipun mungkin tips diatas masih kurang,namun setidaknya bisa membantu anda dalam mempersiapkan bekal perjalanan menuju lintasan dunia kerja.




Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon