5 Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu Fiktif


5 Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu Fiktif

Susahnya mencari pekerjaan yang layak tentunya membuat setiap orang berusaha mencari lowongan kerja yang layak dan diinginkan apalagi tingkat persaingan kerja saat ini sangat lumayan ketat,dimana seseorang yang mempunyai izajah S1 saja banyak yang menganggur apalagi yang berpendidikan dibawahnya,tentunya semua itu kembali lagi kepada keahlian,link kerja dan yang paling utama adalah konsef rezeki yang telah dituliskan oleh Sang Maha Kuasa.
5 Tips Menghindari Lowongan Kerja Palsu Fiktif

Bersama dengan permasalahan tersebut,ada beberapa oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi tersebut untuk melakukan penipuan dan pemerasan yang tentunya merugikan secara material dan non material.

Padahal mereka tidak sadar melakukan kejahatan tersebut kepada orang-orang yang sedang membutuhkan pekerjaan,ibarat kita haus diberi minuman air laut,tentu anda bisa membayangkan bagaimana rasanya.

Adapun berdasarkan informasi yang beredar,bahwa mereka yang melakukan penipuan tersebut adalah:
A.  Orang atau Kelompok Yang Bekerja Di Perusahaan Tersebut.
Terkadang masih saja ada “orang dalam” yang memanfaatkan situasi tersebut,biasanya mereka yang ketahuan oleh pemiliknya langsung dipecat.

 B.  Kelompok atau Orang Tertentu Yang Diluar Perusahaan Tersebut.
Yang kedua ini biasanya sudah terorganisir dengan modus dan harapan harapan indah namun semuanya hanya harapan palsu dan tidak ada.

 C.   Pihak-Pihak Yang Mengklaim Atau Memang Mempunyai Hubungannya Dengan Perusahaan Tersebut.
Terkadang kelompok ini ada yang bisa memasukan kerja ada yang tidak,tentunya dengan namanya “Uang Pelicin” supaya dengan mudahnya masuk tanpa seret ke perusahaan tersebut.

Berikut 5 Tips Menghindari Penipuan Lowongan Kerja Palsu :

1.Perhatikan Proses Recruitment.
Pada dasarnya setiap perusahaan yang membutuhkan karyawan tentunya tidak sembarangan dalam memasang lowongan kerja,namun saat ini ada proses yang dirasa aneh dan janggal seperti lewat sms (meskipun tidak sepenuhnya penipuan) lalu si pelamar menghubungi nomer yang tertera,berikut contohnya :

PT.123SatuDuaTiga Membutuhkan karyawan administrasi minimal SMA/SMK Sederajat Gaji Pokok 5 juta dapat uang pesangon plus bonus lainnya,segera temui HRD bapak Pulan Bin Pulan untuk melakukan wawancara kerja,Test Psikotest 150 ribu jika tidak lulus nanti uang dikembalikan seratus persen,juga ada ADM 2 Juta,balas Ya jika berminat Lowongan terbatas juga sertakan format Nama,Lulusan,Alamat sekarang ke nomer 082123456789

Mungkin berbagai reaksi setelah membaca sms tersebut ada yang biasa saja,ada yang penasaran,bahkan ada yang langsung menyetujuinya untuk langsung menghubungi nomer tersebut dan mengikuti langkah-langkahnya hingga terjadilah hal yang tidak diinginkan terjadi.

Jika ditelisik dari kasus diatas,ada yang janggal diantaranya :
a.   Uang Test.
Kalau test-test tertentu semisal seleksi CPNS, wajar jika membayar karena ini memang bersifat resmi,namun ini anehnya harus bayar,bukannya Psikotest kerja dilakukan oleh perusahaan yang ingin mengetahui karakter dan kompetensi pelamar sesuai standar yang diinginkan?

 b.   Uang ADM.
Kita cari kerja butuh uang,nah ini malah kita yang memberi uang,masuk akal gak? Ada beberapa kejadian yang terdengar mereka sudah memberikan uang pelicin untuk memuluskan langkahnya supaya bisa masuk kerja,hasilnya tidak ada meskipun ada beberapa yang mendapatkan pekerjaan dengan cara tersebut.


    2.  Tempat Perusahaan.
Silahkan tanyakan atau cek alamat yang ada jika dirasa perlu karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,adapun tempat test dan interview :

a.     Tempat Sepi dan Rawan.
Berhati-hatilah jika tempat yang anda tidak kenal dan sepi yang menjadi tempat interview,apalagi jika anda adalah kaum hawa yang sendirian dan tidak mempunyai keahlian beladiri yang anda miliki,sebaiknya antarlah dan kalau ragu jangan ke tempat tersebut.

b.     Berbentuk Ruko dan Desain Yang Aneh.
 Saya pernah membaca di situs komunitas tertentu dimana dia merasa  kejanggalan tempat interview yang diklaim sebagai kantornya dengan desain yang kumel,kotor,meja para pekerja yang tidak jelas sehingga akhirnya hanya sebuah kalimat yang pahit harus diucapakan yaitu “kena penipuan”.


 3.  Jenis Pekerjaan dan Persyaratannya.
“Dengan merekrut yang lainnya kamu bisa mendapatkan uang” ini adalah contoh dari pekerjaan Multiple Level Marketing atau MLM yang berupa recrut-recrutan pelamar baru tanpa ada barang yang dijual,berhati-hatilan jangan mengikuti kerja tersebut,karena secara agama hal tersebut termasuk penipuan terhadap orang lain.

Selain itu ada yang lebih parahnya disuruh kerja bagian malam dan tidak dijelaskan apa pekerjaannya tetapi akan mendapatkan sejumlah rupiah atau bonus. 

Selalu ingat kita masih punya agama!

 4.  Lokasi Kerja.
Jika proses recruitment,interview sudah lolos dan anda sudah yakin terhadap pekerjaan tersebut,anda masih harus berhati-hati jika anda otomatis di lempar di daerah yang jauh,semisal di luar negeri atau pulau luar yang jauh.Lihatlah prosedur,Sistem kerja,Jaminan keamanan,dan alamat yang jelas.

Adapun contoh beberapa kejahatan yang terjadi salah satunya adalah “Human Trafficking” atau penjualan manusia dengan motif dan tujuan tertentu.

      5.     Search di Internet.
Ketikan PT atau perusahaan yang anda lamar atau diterima ketikan keyword tertentu semisal PT123SatuduaTiga Penipu,perhatikan dan baca apa yang mereka share dan tulis,namun anda jangan langsung percaya karena bisa saja mereka “berbohong” dengan maksud dan tujuan tertentu. Bacalah satu persatu dan simpulkan pendapat anda dengan apa yang mereka tulis mengenai perusahaan tersebut.

Dari berbagai tips diatas bersumber dari beberapa pengalaman yang pernah terjadi disekitar kita,kata kuncinya adalah Waspada dan Cermat memilih tempat kerja yang akan anda pilih.

Demikian 5 Tips Menghindari Penipuan Lowongan Kerja Palsu Fiktif semoga bermanfaat bagi anda yang saat ini sedang mencari lowongan kerja.

Adapun bagi anda yang mempunyai pengalaman tertipu oleh lowongan kerja palsu silahkan share di koment supaya tidak ada lagi korban baru.

Lets’s Comment and Share this!


Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon