9 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

9 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Peranan surat lamaran pekerjaan saat ini sangat populer dalam memenuhi persyaratan memasuki dunia kerja.Banyak orang yang mencari tips dan cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar di Internet.

Selain itu,banyak juga orang yang mencari contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar sesuai dengan standar umum surat lamaran pekerjaan.

Berikut saya akan membagikan tips dan cara membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.Mungkin sudah banyak yang menshare tips dan cara ini,namun saya akan mencoba menuliskan kembali berdasarkan pengetahuan yang saya tahu.

1.Penulisan alamat perusahaan dan penerima yang jelas.
Tulislah alamat perusahaan dan tujuan yang jelas,usahakan dilengkapi dengan nama jalan dan alamat lainnya,jika anda tidak mengetahui penerimanya,usahakan tuliskan nama penerimanya HRD atau Personalia. Masalah alamat dan penerima ini sangat penting manakala anda mengirimnya lewat jasa pos atau ekspedisi lainnya.

2.Mengetik surat atau menulis manual rapi dan teratur.
Saya menyarankan agar anda menulis surat lamaran pekerjaan dengan komputer,mengapa?karena selain rapi,juga menandakan bahwa anda melek teknologi,usahakan font,spasi,ukurannya dibuat rapi.Jika anda memang harus menulis secara manual,usahakan tulisan anda rapi dan jangan ada tipe-x serta menggunakan balpoint hitam.

3.Menggunakan bahasa yang sopan dan sesuai.
Tulislah menggunakan bahasa sopan yang sesuai standard,jangan pernah menulis singkatan (kecuali nama gelar) contoh kata “yang” menjadi “yg”.Selain itu,bahasa sopan bisa menjelaskan siapa diri anda.

Adapun mengenai kesesuaian usahakan sesuaikan dengan bahasa jenis perusahaan,jika anda melamar di perusahaan multinasional,sebaiknya menggunakan bahasa inggris,namun jika anda tidak bisa menggunakannya tidak apa-apa selama HRD’nya orang indonesia yang pastinya mengerti bahasa tanah air Indonesia kita ini.

4.Mengikuti kerangka surat lamaran pekerjaan yang sesuai standar.
Banyak sekali tutorial mengenai kerangkan surat lamaran pekerjaan yang tersebar di Internet,usahakan buatlah sesuai standard,mengenai penempatan,font huruf,urutan kata-kata yang tepat,dan lainnya.

5.Isi tidak bertele-tele namun singkat dan padat.
Tuliskan dengan jelas tujuan anda,apa kelebihan anda,bagaimana pengalaman kerja anda dengan singkat namun jelas.jangan tuliskan hal-hal yang tidak penting lainnya,semisal pengalaman menjadi karyawan outsourching dan sebagainya yang termasuk kategori tidak penting untuk dituliskan.

6.Menggunakan foto yang sesuai dan sopan.
Jangan pernah menggunakan foto yang tidak sesuai seperti foto selfie,usahakan berpakaian formal dan rapi,perhatikan juga backround foto,saya menyarankan menggunakan backround foto biru atau merah.

7.Melampirkan data yang menunjang dan penting.
Lampirkanlah data yang dikira penting,saya menyarankan agar semua yang berhubungan dengan prestasi akademik,non akademik,kursus,dan kegiatan penting lainnya agar disertakan supaya bisa “menjual diri”anda.Selain itu,data SKCK,Surat Kuning,dan sebagainya juga penting dilampirkan.

8.Jangan memfotocopy surat lamaran kerja
Saya menyarankan jangan pernah menfotocopy jika memang anda mengetik lewat komputer,apalagi jika fotocopy surat lamaran kerja anda tidak jelas,sehingga memperjelas bahwa anda tidak siap membuat surat lamaran pekerjaan.Selain itu,jika memang di frint usahakan frint yang jelas dan tidak samar-samar,karena nanti disangkanya anda memakai fotocopy surat lamaran kerja.

9. Mereview kembali surat lamaran pekerjaan yang telah dibuat.
Setelah semuanya telah selesai,silahkan periksa satu persatu apakah terdapat kesalahan atau tidak,usahakan agar mengeceknya berkali-kali,jika tidak mampu menilainya,mintalah penilaian kepada orang lain yang berpengalaman terhadap surat lamaran pekerjaan.


Demikian artikel mengenai 9 Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar.Semoga bisa membantu anda yang akan membuat surat lamaran kerja.



Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon