Tips Menulis Email Surat Lamaran Kerja dengan Baik dan Benar

Tips Menulis Email Surat Lamaran Kerja dengan Baik dan Benar

Sekarang sudah tidak zamannya menulis surat lamaran pekerjaan  harus berbentuk fisik,karena saat ini tekhnologi telah memudahkan kita dalam menulis dan mengirim surat lamaran pekerjaan kepada perusahaan yang akan dilamar secara langsung.

Melalui email,itulah salah satu caranya,karena dengan email kita tidak perlu berusah payah mengirimkannya secara langsung kepada perusahaan yang akan dituju dan juga tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi.

Namun perlu diingat bahwa banyak calon pekerja mendapatkan kegagalan,mungkin salah satu penyebabnya adalah penulisan Email surat lamaran kerja yang asal-asalan dan tidak sesuai dengan format surat lamaran kerja.

1. Pastikan alamat email yang dituju benar.
Jangan sembarangan mengirim email mengenai lamaran pekerjaan kepada email yang tidak jelas,ciri-ciri email perusahaan biasanya berformat nama   perusahaannya.

Meskipun saat ini perusahaan besar pun ada yang menggunakan juga email gratisan.
Contoh email perusahaan resmi : koko.hrd@email.com jangan sampai salah satu kata atau tanda pun,karena bisa berakibat fatal,pesan anda tidak akan terkirim.

2. Gunakan alamat email yang profesional.
Saya sangat menyarankan alamat email yang tidak berlebihan dan menunjukan kurang profesionalnya anda,contoh email yang menurut saya kurang layak dikirim ke HRD perusahaan : fulan.selalucintakhamoecelamanyafolevel@email.com. 

Gunakalah alamat email yang jelas nama anda sendiri,dan tambahkan angka tanggal lahir semisalnya contoh alfandi.hendrianto80@email.com,Mungkin lebih profesional dari email yang sebelumnya.

Satu lagi,jangan mengirim email milik perusahaan anda sebelumnya,karena anda sudah berhenti dan tidak ada ikatannya lagi dengan perusahaannya tersebut.

3. Menggunakan layanan email yang populer.
Saya menyarankan agar email anda berada dilayanan email yang populer,selain gratis tentunya akan lebih familiar terhadap pembaca dan penilai surat lamaran kerja anda.

4.Berikan subyek yang sesuai dengan persyaratan.
Biasanya ketika perusahaan membuka lowongan pekerjaan,wajib menuliskan subyeknya supaya memudahkan mereka dalam mensortir email-email yang masuk.
Pastikan subyek harus benar dan tidak ada salah satupun dalam penulisan huruf dan angka.

5. Format tulisan yang baik dan benar.
Ini dia yang paling utama,karena HRD bisa melihat surat lamaran kerja kita apakah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan atau tidak.Apabila anda tidak bisa menulis bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar,anda bisa membaca disini.

6. Lampiran di scan dengan jelas.
Berkas pendukung seperti KTP,Izajah terahir,kartu kuning,kartu SKCK Kepolisian,Surat Kesehatan,dan sebagainya harus di SCAN dengan jelas dan rapi. Hindari penggunaan kamera untuk memfoto berkas-berkas tersebut karena biasanya formatnya kurang jelas.

7. Penamaan lampiran (attachement) yang jelas.
Berikanlah nama lampiran anda dengan jelas dan sesuai,jangan membuat HRD menjadi bingung dan sulit membaca nama berkas yang anda kirim.Semisal anda mengirim CV dengan format nama abc12,tentunya akan membuat bingung HRD mencarinya.

Pastikan pemberian nama yang sesuai dan kalau bisa anda memberikan tanda tertentu supaya terkesan rapi,contohnya: 1.CV 2.KTP 3.Izajah S1 Tekhnik Informatika dsb.

8.Ukuran email dan lampiran tidak terlalu banyak.
Ada beberapa perusahaan yang tidak menerima email yang berukuran bergiga-giga,biasanya mereka memberikan ukuran maksimal berkas email yang dikirimkan seperti tidak boleh mengirim lebih dari 100 MB.

Pastikan anda menurutinya dan jangan menyepelekannya,karena bisa saja email yang berukuran lebih dari yang ditentukan tidak akan dilirik dan dibaca.

Solusi mengatasinya anda bisa menggunakan beberapa software untuk mengkonversi ukuran berkas supaya lebih kecil namun tetap jelas.

9. Kirim dan Coba Cek di Inbox email anda.
Silahkan coba kirimkan ke email anda sendiri,supaya melihat format dan kerapihan serta kelengkapan email yang akan anda kirim.

Dengan cara ini kita bisa melihat mana saja letak kesalahan dan kekurangan dari email surat lamaran kerja yang kita kirim.

Pada dasanya para HRD yang menilai dan membacanya akan memberikan penilaian yang berbeda terhadap email surat lamaran kerja anda.

Tips diatas hanyalah sebuah tips yang tidak bisa menjamin anda langsung diterima bekerja melalui surat lamaran kerja via email,tapi setidaknya bisa membantu anda dalam memberikan gambaran dan panduan cara membuat surat lamaran kerja melalui email dengan baik dan benar.

Silahkan share jika bermanfaat!







Comments
0 Comments


EmoticonEmoticon