Sekarang sudah tidak
zamannya menulis surat lamaran pekerjaan harus berbentuk fisik,karena saat ini tekhnologi telah
memudahkan kita dalam menulis dan mengirim surat lamaran pekerjaan kepada
perusahaan yang akan dilamar secara langsung.
Melalui email,itulah
salah satu caranya,karena dengan email kita tidak perlu berusah payah
mengirimkannya secara langsung kepada perusahaan yang akan dituju dan juga tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi.
Namun perlu diingat
bahwa banyak calon pekerja mendapatkan kegagalan,mungkin salah satu penyebabnya
adalah penulisan Email surat lamaran kerja yang asal-asalan dan tidak sesuai
dengan format surat lamaran kerja.
1. Pastikan alamat email
yang dituju benar.
Jangan sembarangan
mengirim email mengenai lamaran pekerjaan kepada email yang tidak
jelas,ciri-ciri email perusahaan biasanya berformat nama perusahaannya.
Meskipun
saat ini perusahaan besar pun ada yang menggunakan juga email gratisan.
Contoh email
perusahaan resmi : koko.hrd@email.com jangan sampai salah satu kata atau
tanda pun,karena bisa berakibat fatal,pesan anda tidak akan terkirim.
2. Gunakan alamat email
yang profesional.
Saya sangat menyarankan
alamat email yang tidak berlebihan dan menunjukan kurang profesionalnya anda,contoh
email yang menurut saya kurang layak dikirim ke HRD perusahaan : fulan.selalucintakhamoecelamanyafolevel@email.com.
Gunakalah alamat email yang jelas nama anda sendiri,dan tambahkan angka tanggal
lahir semisalnya contoh alfandi.hendrianto80@email.com,Mungkin lebih
profesional dari email yang sebelumnya.
Satu lagi,jangan
mengirim email milik perusahaan anda sebelumnya,karena anda sudah berhenti dan
tidak ada ikatannya lagi dengan perusahaannya tersebut.
3. Menggunakan layanan
email yang populer.
Saya menyarankan agar
email anda berada dilayanan email yang populer,selain gratis tentunya akan
lebih familiar terhadap pembaca dan penilai surat lamaran kerja anda.
4.Berikan subyek yang sesuai dengan persyaratan.
Biasanya ketika
perusahaan membuka lowongan pekerjaan,wajib menuliskan subyeknya supaya
memudahkan mereka dalam mensortir email-email yang masuk.
Pastikan subyek harus benar dan tidak ada salah satupun dalam penulisan huruf dan angka.
Pastikan subyek harus benar dan tidak ada salah satupun dalam penulisan huruf dan angka.
5. Format tulisan yang baik
dan benar.
Ini dia yang paling
utama,karena HRD bisa melihat surat lamaran kerja kita apakah memenuhi
kualifikasi yang dibutuhkan atau tidak.Apabila anda tidak bisa menulis
bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar,anda bisa
membaca disini.
6. Lampiran di scan dengan
jelas.
Berkas pendukung seperti
KTP,Izajah terahir,kartu kuning,kartu SKCK Kepolisian,Surat Kesehatan,dan
sebagainya harus di SCAN dengan jelas dan rapi. Hindari penggunaan kamera untuk
memfoto berkas-berkas tersebut karena biasanya formatnya kurang jelas.
7. Penamaan lampiran
(attachement) yang jelas.
Berikanlah nama lampiran
anda dengan jelas dan sesuai,jangan membuat HRD menjadi bingung dan sulit
membaca nama berkas yang anda kirim.Semisal anda mengirim CV dengan format nama
abc12,tentunya akan membuat bingung HRD mencarinya.
Pastikan pemberian nama yang
sesuai dan kalau bisa anda memberikan tanda tertentu supaya terkesan
rapi,contohnya: 1.CV 2.KTP 3.Izajah S1 Tekhnik Informatika dsb.
8.Ukuran email dan lampiran tidak terlalu banyak.
Ada beberapa perusahaan
yang tidak menerima email yang berukuran bergiga-giga,biasanya mereka
memberikan ukuran maksimal berkas email yang dikirimkan seperti tidak boleh
mengirim lebih dari 100 MB.
Pastikan anda
menurutinya dan jangan menyepelekannya,karena bisa saja email yang berukuran
lebih dari yang ditentukan tidak akan dilirik dan dibaca.
Solusi mengatasinya anda
bisa menggunakan beberapa software untuk mengkonversi ukuran berkas supaya
lebih kecil namun tetap jelas.
9. Kirim dan Coba Cek di Inbox email
anda.
Silahkan coba kirimkan
ke email anda sendiri,supaya melihat format dan kerapihan serta kelengkapan
email yang akan anda kirim.
Dengan cara ini kita
bisa melihat mana saja letak kesalahan dan kekurangan dari email surat lamaran
kerja yang kita kirim.
Pada dasanya para HRD
yang menilai dan membacanya akan memberikan penilaian yang berbeda terhadap
email surat lamaran kerja anda.
Tips diatas hanyalah
sebuah tips yang tidak bisa menjamin anda langsung diterima bekerja melalui surat
lamaran kerja via email,tapi setidaknya bisa membantu anda dalam memberikan gambaran dan
panduan cara membuat surat lamaran kerja melalui email dengan baik dan benar.
Silahkan share jika bermanfaat!